Memanfaatkan Teknologi untuk Diagnosis Radiologi

Penggunaan teknologi informasi dalam dunia kedokteran berdampak positif terhadap peningkatan kualitas dan efisiensi layanan kesehatan. Salah satunya adalah mendapatkan diagnosis yang lebih cepat dan akurat dengan dukungan ahli radiologi terbaik dunia.

Rumah Sakit Umum Bunda Medik Jakarta mulai bulan April 2015 akan menyediakan layanan analisa hasil radiologi dengan memanfaatkan teknologi teleradiologi, bekerja sama dengan vRad (virtual radiologi).

VRad adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang telah menjadi pusat layanan teleradiologi dengan lebih dari 350 dokter ahli radiologi dan sekitar 75 persennya merupakan subspesialis tersertifikat. Selama 15 tahun terakhir ini vRad juga telah melayani rumah sakit di seluruh dunia.

“Diagnosis pasien memerlukan kecepatan dan keakuratan yang tinggi. Interpretasi CT-Scan dan MRI yang dilakukan satu ahli radiologi tentu berbeda dengan interpretasi dokter lain yang lebih berpengalaman di luar negeri. Pada akhirnya yang akan diuntungkan adalah pasien sendiri karena bisa mendapat diagnosis yang akurat,” kata dr.Ivan Sini, Sp.OG, Komisaris Utama PT Bunda Medik di Jakarta (18/3/15).

Ivan menambahkan, selama ini banyak pasien Indonesia yang memilih mencari opini kedua di luar negeri. Dengan adanya fasilitas teleradiologi ini diharapkan bisa memudahkan pasien sehingga tak perlu berpindah kota atau sampai ke luar negeri. Biaya yang dikeluarkan pun lebih hemat.

Menurut dr.Didid Winnetouw, Kepala RSU Bunda Medik, teleradiologi sebenarnya bukan hal baru. Di beberapa rumah sakit di Indonesia juga sudah ada, tapi internal antar dokter dalam satu grup rumah sakit.

“Di rumah sakit Bunda ini yang pertama melakukan teleradiologi dengan ahli radiologi di luar negeri,” kata Didid.

sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2015/03/19/110000523/Memanfaatkan.Teknologi.untuk.Diagnosis.Radiologi.